Hanya Sekedar

13:11

Peristiwa itu membuatku mengulang perjalanan pada waktu itu. Otakku memutar tiap momen yang menyebalkan dan tak ingin aku ingat dengan perlahan-lahan. Mulai dari hal kecil yang terlupa hingga sesuatu yang berarti namun terabaikan. Sabar au, ini hanya sebentar. Walaupun sebentar tapi tetap saja tidak layak untuk diingat.  

Jahat. Satu kata yang sangat pas untuk mendeskripsikan segala hal yang terjadi. Mengapa makhluk di bumi ini diciptakan dengan sifat jahat? Untuk membuat perbedaan? Atau untuk sekedar menambah dinamika kehidupan? Bagaimana dengan penambahan sifat baik di sisi sifat jahat? Bahkan kita tidak bisa  membuat kejahatan dan kebaikan seseorang menjadi relatif. Karena ada satu hal yang membuatnya menjadi rumit, yaitu perasaan. 

Terkadang kita tidak dapat mengartikan perasaan seseorang dengan baik. Sesuatu yang membahagiakan orang kadang menyedihkan bagi yang lain atau sebaliknya. Mungkin ini yang harus kita sebut dengan memahami perasaan orang lain. Kadang suatu hal yang kita penting justru tidak terlalu penting bagi orang lain. Tetapi bagaimana bila itu menyangkut perasaan orang yang kita sayangi? Bahkan kita menyebut suatu hal itu dengan sebutan "tidak peka". Bukankah definisi orang yang kita sayangi itu adalah orang yang lebih dari sekedar kenal atau akrab bukan? Tetapi bagaimana bisa definisi ini diganti dengan sekedar kenal, sekedar saling berbicara, sekedar status, atau sekedar sesederhana kata 'oh'. Definisi itu sekejap berubah menjadi "sekedar".

Setidaknya saya belajar satu hal, menjadi jahat untuk menguatkan diri sendiri cukup ampuh pada hal-hal tertentu. Masa lalu bukan saja hal yang menyenangkan, tetapi dibarengi dengan hal yang menyedihkan. Selalu diingat tetapi tidak ingin diulangi. Berusaha untuk tidak memandang masa lalu itu termasuk dalam pelajaran menguatkan diri. Semua orang pasti bermasalah dalam hal ini. Dan untuk pertamakalinya saya menguatkan diri saya untuk sebentar menjadi orang yang jahat. Melewati tanpa pernah sedikitpun memandang dan mengabaikan kehadiranmu. Kedua hal itu benar-benar sangat jahat dan aku melakukannya dengan baik. Bukankah kau pernah melakukannya bahkan lebih baik dari yang kulakukan, bukan?

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe