Long Time No See, Singapore! Part 1

23:02

Long Time No See, Singapore! Part 1 header lovehaseyo

Aku masih inget banget waktu masih di Skudai aku bilang gini ke teman-temanku, "Yuk liburan ke Singapura! Jangan jalan-jalan aja, tapi masuk ke Universal Studio dan Madame Tussaud. Kita kan belum tentu bakal ke Singapura lagi". Who knows ternyata tahun ini aku berkesempatan ke Singapura lagi, bukan untuk liburan tapi untuk mengikuti conference. Untuk memenuhi mata kuliah publikasi ilmiah, aku dan temanku sesama MTI diwajibkan mengikuti international conference. Di akhir semester 1, salah satu dosenku menawarkan program hibah untuk beberapa mahasiswa yang mau mempublikasikan tugas jurnalnya. Gak mau kesempatan ini sia-sia, akhirnya aku dan empat temanku ikut program hibah ini. Dari beberapa international conference yang ada, kami memilih untuk mengikuti 5th International Conference on Computing Engineering and Design (ICCED) 2019. 

Batas akhir pengumpulan paper sekitar awal bulan Februari, jadi selama liburan kuliah kerjaanku itu memperbaiki paper sesuai dengan format yang diperlukan. Pengumuman diterimanya paper sekitar pertengahan bulan Februari. Gak disangka paper kami semuanya diterima. Ada beberapa revisi yang diberikan dan harus diperbaiki sebelum deadline camera ready. Perjuangan banget perbaiki papernya, karena barengan juga dengan deadline tugas kuliah.

10 April 2019
Berhubung cuma aku dan Ria yang belum kerja (hahaha :") akhirnya kita berangkat duluan ke Singapura. Kalo dulu ke Singapura dari Johor Bahru (ceritanya disini), sekarang kita lewat Changi Airport dong. Dari Changi Airport Terminal 2, kita ngikutin panah menuju MRT. Disana kita beli EZ Card di ticket office. Kenapa gak Singapore Tourist Pass? Karena kita tinggal di Singapura selama 5 hari dan dua hari (presentation day) full gak kemana-mana. Jadi agak rugi kalo beli STP. Kalo kalian memang tujuannya liburan dan bakalan jalan dari pagi sampai malam, baru deh aku saranin pakai STP. Karena hotel kita di arah Kampong Glam, jadi dari MRT Changi Airport kita pilih yang ke Tanah Merah. Di Tanah Merah kita pilih yang ke arah Tuas Link menuju MRT Lavender. Setelah sampai di MRT Lavender, kita jalan kaki sedikit menuju hotel. Hal yang pertama dilakukan saat sampai di hotel -> selonjoran. Kaki dan tangan pegel-pegel bawa ransel dan tote bag. Maklum kita backpackeran lagi, gak beli bagasi biar gak lewat dari uang hibah kwkwkw

Setelah selesai selonjoran, kita langsung jalan kaki menuju Victory Restaurant yang gak jauh dari Masjid Sultan. Rencana awalnya sih mau beli ramen, tapi karena belum buka, akhirny akita memutuskan untuk makan disekitaran hotel. Karena lagi kangen-kangennya dengan kari, akhirnya kita pilih Victory Restaurant. Entah kenapa walaupun kita sudah bosen banget makan kari waktu jaman exchange, tapi tetep aja sepakat kalo balik lagi entah ke Singapura atau ke Skudai harus pesen kari. Entah itu nasinya, ayamnya, atau martabaknya. Kayak ada yang beda aja dengan kari di Indonesia. Oke, setelah sampai di Restoran, kita sempat bingung mau milih yang mana karena makanannya menggoda banget. Tapi ujung-ujungnya juga kita beli nasi briyani dan murtabak sardin. Minum tetep dong tea ais, dari jaman kapanpun gak boleh ganti hahaha
Roti Canai Singapura - lovehaseyo.com


Rencana hari ini setelah makan siang adalah pergi ke Orchard Street (entah mau ngapain), Mustafa Centre, dan Clarke Quay.
Orchard Street (Parkview Sq - Orchard Gateway)
Jadi dari Victory Restaurant, kita jalan kaki ke Parkview Sq, ambil bus nomor 7, 7A, atau 175. Nanti ketiga bus itu bakal stop di Winsland Hse. Di Winsland HSE nanti jalan sedikit aja ntar langsung sampai di Orchard Gateway. Buat penyuka dan pemburu barang bermerk kayaknya Orchard bakal jadi salah satu tempat destinasi yang wajib dikunjungi. Kita disini cuma jalan-jalan aja, gak nyangka bakalan sepanjang ini jalannya. Kanan kiri full mall sampai kita bingung mau masuk di mall mana. Biar tetap kuat, kita minum dulu di 7-Eleven terus lanjut ke Mustafa Centre.

Mustafa Centre (Rute Concorde Hotel - Mustafa Centre)
Mustafa Centre Singapura - lovehaseyo.com

Mungkin buat yang sering ke Singapura bakal tau banget tempat ini. Mustafa Centre ini pusat belanja oleh-oleh mulai dari baju, coklat, milo cube, koper, dan masih banyak lagi. Aku pun tau tempat ini dari beberapa rekomendasi dari blog orang juga sih. Untuk menuju ke sana, dari 7-Eleven kita jalan sedikit menuju Concorde Hotel. Di sana ada Concorde Hotel S'pore Bus Station. Kita pilih bus no 65 Tampines menuju Broadway Hotel. Setelah sampai di Broadway Hotel, nanti kalian lurus jalan kaki di Serangoon Rd. Nanti kalian belok ke kanan di Syed Alwi Rd, gak jauh dari situ sudah keliatan Mustafa Centrenya. 
Buat yang mau belanja oleh-oleh, kalian tinggal naik ke lantai 2 saja. Di sana banyak banget berbagai jenis coklat, gantungan kunci, baju Singapura, dan tentunya berbagai macam Milo dong. Karena masih ada satu destinasi lagi, yaitu Clarke Quay, akhirnya kita cuma beli Milo Cubes aja disana. 

Clarke Quay (Rute Mustafa Centre - Clarke Quay)
Dari Mustafa Centre, kita jalan ke Farrer Park MRT menuju Clarke Quay MRT arah Harbour Front. Tempat ini bener-bener bagus, apalagi kalo kita datangnya waktu malam hari. Sayang banget kamera hpku gak bisa nangkep momen bagus kayak gini T_T kita awalnya mau duduk-duduk gitu sambil selonjoran. Tapi karena restaurant dan cafenya agak meragukan, akhirnya kita memutuskan pulang ke hotel. Iya, baru sadar juga kita harus persiapan presentasi besok hehe

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe