Green Campus Berbasis Teknologi

21:03

Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun sering diartikan sebagai koleksi probadi perorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau instansi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.

Di Palembang, berbagai jenis perpustakaan dapat kita temukan di mana-mana, seperti perpustakaan daerah ataupun perpustakaan yang berada di sekolah-sekolah atau di universitas. Di sana menyediakan berbagai macam buku-buku yang dapat kita baca mulai dari buku lama hingga buku-buku terbaru. Buku-buku tersebut ditata rapi di rak buku agar pembaca dapat mencari buku dengan mudah. Namun, buku-buku tersebut terkadang sulit kita cari mengingat jumlah buku di perpustakaan sekolah sangatlah banyak. Oleh karena itu, perputakaan menyediakan rak katalog agar kita dapat menemukan buku yang akan kita cari. Namun, kita sering menemukan kesulitan pada saat mencari buku dengan katalog manual, seperti harus mengecek judul buku satu per satu yang tentunya memakan waktu yang lama padahal buku yang kita cari belum tentu ada.

Dengan adanya katalog buku digital, hal ini memudahkan kita dalam pencarian buku tertentu dan kita juga dapat mencari buku referensi lain yang berhubungan dengan kata kunci yang spesifik. Di SMA Plus Negeri 17 Palembang, sejak tahun kemarin sudah ada katalog digital walaupun masih dalam tahap pengembangan dan tidak sebagus perpustakaan daerah.
Katalog Digital SMA Plus Negeri 17 Palembang - lovehaseyo.com

Di katalog digital ini kita dapat mencari buku yang kita cari. Di dalam mesin pencarian tersebut, kita dapat mencari buku sesuai dengan nama buku, nama pengarang atau nama penerbit. Bila buku yang dicari tersedia, maka mesin pencarian akan menunjukkan dimana letak buku tersebut. Dan jika tidak, maka mesin pencarian akan memberi tahu apakah buku tersebut tidak ada atau sedang dipinjam.

Tentunya hal ini dapat memudahkan kita sebagai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar mengingat jam istirahat dan jam ishoma sangatlah singkat. Mungkin kedepannya katalog digital ini dapat ditingkatkan lagi seperti menambahkan sistem pencarian yang lebih spesifik dan efektif.
Selain itu, ada beberapa keutungan dari pemanfaatan TIK di ruang lingkup sekolah, seperti pemanfaatan intranet sebagai database nilai siswa. Jadi, nilai-nilai yang kita dapat dari ulangan harian, ulangan tengah semester hingga ulangan semester dapat kita lihat secara online di Website Resmi SMA Plus Negeri 17 Palembang. Nilai-nilai yang di input tersebut merupakan nilai murni yang belum ditambah dengan nilai pr/tugas.

Nilai Online di Website SMA Plus Negeri 17 Palembang - lovehaseyo.com
Dengan memasukkan nomor induk siswa, maka kita langsung dapat melihat nilai-nilai kita.

Banyak sekali keuntungan dari kemajuan TIK di sekolahku. Selain yang di atas, masih banyak lagi yang bisa saya rasakan dari pemanfaatan TIK yang berada di sekolah. Senangnya memanfaatkan teknologi informasi komunikasi ini dengan mudah dan nyaman.

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe