Dear Mahasiswa Ilkom...

19:51

Dear mahasiswa ilkom, jika kau sudah jatuh cinta di dunia perkomputeran, jatuhlah sejatuh-jatuhnya...

            Mungkin terkadang kita pernah sepintas merasa apakah keputusan untuk mengambil di fakultas ilmu komputer itu tepat atau enggak. Mungkin juga malah merasa salah fakultas dan rasanya pengen banget tiap tahun ikutan SMBPTN dengan harapan bisa lulus di fakultas yang lain. Atau mungkin juga ada yang baru sadar kalo dia salah masuk fakultas di akhir-akhir semester. Cuma satu kalimat untuk kondisi ini, "Mulailah jatuh cinta".
            Memulai sesuatu hal yang belum kita tahu atau kita coba memang terkadang merupakan pekerjaan yang lumayan sulit. Kita buat contohnya aja deh. Pernah jatuh cinta dengan seseorang? Kalo sukanya sama teman sekelas mungkin enak kali ya bisa ada alasan buat mulai percakapan. Bagaimana misalnya kita jatuh cinta dengan teman kelas seberang, sama senior, atau sama junior? Pasti groginya bukan main. Pasti mulai survey ke temen-temen kira-kira kalimat yang cocok untuk nyapa orang yang disukai ini seperti apa. Mulai deh follow semua sosial medianya, terus dikepoin dari tweet 1 min sampe 1yr. Kadang juga ngelus-ngelus dada pas tau instagramnya digembok, atau girang bukan main waktu tau dia ngetag nama kita di foto (padahal fotonyo foto satu angkatan). Nah, seperti itu juga memulai jatuh cinta dengan fakultas yang kita pilih.
            Waktu SMA kelas XII, jurusan yang pertama kali yang bikin aku penasaran itu ya Sistem Informasi. Walaupun aku mikirnya jurusan itu kayaknya seru tapi jujur dulu bener-bener gak ada gambaran tentang jurusan sistem informasi. Awalnya sempat nanya-nanya sama senior SMA gimana rasanya belajar di ilkom dan apa aja yang dipelajari disana, tapi tetap aja masih belum ada gambaran yang jelas. Sudah nyari di om gugel terus nyari-nyari cerita blog orang tentang sistem informasi, yang ada aku mikirnya kalo sistem informasi ini nanti bakal buat-buat software kayak gitu. Terus ditambah keluarga gak ada yang lulusan ilkom, oke fix, beneran tambah galau. Kesimpulannya: aku milih Sistem Informasi di pilihan kedua pas SNMPTN. Hasilnya: Gak lulus!!! *garuk-garuk dinding*
Mungkin saya sudah ditakdirkan di fasilkom
            Dengan keadaan minim informasi tentang fakultas yang bikin aku penasaran ini, pada ujian-ujian masuk universitas selanjutnya aku malah milih fakultas yang lain kayak: manajemen, agribisnis, kedokteran, hospitality business, sampai psikologi. Dan hasilnya tetep aja gak lulus. HIKS. Dan kesempatan terakhir aku ada di USM Unsri. Di sini aku ambil keputusan untuk ambil Sistem Informasi di pilihan pertama. Bismillahirahmanirahim, semoga  doa dan ikhtiarku di jabah oleh Allah SWT. Alhamdulillah, di pengumuman kali ini  capslocknya bertulis "LULUS". Emang jodoh gak kemana-mana.

Tahap awal jatuh cinta dengan ilkom
            Setelah melewati serangkaian kegiatan PK2, akhirnya resmi juga menjadi mahasiswa fasilkom unsri. Karena pada awalnya belum ada bayang-bayang gimana mata kuliahnya nanti, akhirnya aku beli semua buku yang berhubungan dengan mata kuliah yang aku ambil. Daaaaaan ternyata perjalanan gak semulus yang aku kira. Baru jadi mahasiswa baru aja sudah dikasih tugas yang materinya belum pernah dipelajari sebelumnya. Maklum, masih fase dari dunia SMA ke dunia perkuliahan. Awalnya sempet putus asa, terus sudah mikirin bakalan ikut semester pendek yang mana aja. Tapi, setiap ngeliat ayah pulang kerja bawa file banyak atau begadang ngecek laporan-laporan dari kantor jadinya gak tega buat malas-malasan. Akhirnya, niat buat putus asa tadi dibatalkan.
            Dengan bermodalkan buku, slide dari dosen, dan artikel di blog orang, dimulailah tahap pendekatan dengan ilkom. 
Fasenya mudah kok: penasaran -> ngepo -> praktekin. 
Dulu inget banget pas pertama kali ngoding perulangan pake for. Padahal cuma 15 line tapi 'ngeh' dan bisa perbaikinya itu menghabiskan 1/3 malam hahaha walaupun kayak gitu, gak ada kata terlambat di versi terbaru kamus Aulia. Biarpun otak gak secepet laptop yang punya RAM 8GB, yang penting secanggih windows 8 #abaikan #iya #gpp.
            Terus, usahakan belajarnya jangan lama-lama. Loh kenapa au? Yaa biar gak bosenlah -_- bayangin aja gimana rasanya ngoding seharian full atau belajar basis data 9SKS? Iya, gue tau perasaan kalian. Jadi, usahakan belajar sering-sering tapi gak lama. Misalnya tiap 2 jam belajarnya cuma 10 menit atau kalo gak suka baca buku, buka aja om gugel terus ketik "Cara membuat data flow diagram". Kalo seperti ini kan belajarnya jadi berkualitas.

Tahap kecanduan dengan ilkom
            Setelah merasakan jatuh cinta yang berlebih dengan mata kuliah di ilkom, sering-seringlah 'berbagi' rasa cinta itu dengan teman-teman yang lain. Mungkin beberapa teman kita di kelas sedikit kesulitan untuk memperbaiki puluhan error di codeblocks, bantulah. Mungkin juga ada yang masih belum dapet logika insert first di mata kuliah struktur data, ajarkanlah. Atau juga ada yang kesusahan buat DFD level 2 di visio, tuntunlah. Ternyata semakin banyak berbagi, justru semakin banyak ilmu yang kita dapatkan. Semakin banyak ilmu yang kita dapatkan, semakin bertambahlah cinta kita terhadap ilkom.



Pesanku cuma satu, jika sekali saja kamu jatuh cinta di dunia perkomputeran, jatuhlah sejatuh-jatuhnya.

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe