Mengejar 131

22:17

Mengejar Wisuda ke-131 Unsri

Halooo semuanya, akhirnya bisa posting lagi T_T maafkan aku yang terlalu sibuk di dunia skripsi. Banyak banget yang mau diceritain, tapi kayaknya aku mau nyeritain perjuanganku 2 semester terakhir ini. Masih belum sadar bahwa sebentar lagi bakal mencopot sebutan “mahasiswa” menjadi “alumni”. Yakk dalam waktu dekat ini akhirnya aku wisuda :””

Setelah melawati bulan-bulan tertekan di dua semester ini, aku bisa ngerasain apa yang dulu senior aku rasain. Mulai dari nungguin dosen buat bimbingan. Waktu masih jaman maba pernah sekali kepikiran, “Kenapa senior yang mau bimbingan pada nunggui dosen lama banget. Kenapa gak buat janji dulu kan gak ngabisin waktu”. Daaaan setelah aku jadi mahasiswa akhir, aku bisa ngerti perasaan senior-seniorku dulu. Bahkan walaupun kita udah buat janji pun tidak menentukan apakah kita bisa konsultasi apa enggak. Rata-rata nunggu dosen sekitar 3-4 jam. Tapi kalian juga harus jadwal dosen pembimbing kalian, kapan mereka ngajar, kapan mereka lagi sibuk, kapan mereka seharian lagi gak ngajar. Pokoknya harus tau. Lalu, usahakan seminggu minimal ketemu satu kali sama dosen pembimbing dan prioritaskan agenda bimbingan kalian diatas agenda lainnya hahaha kita gak pernah tau kalo ternyata yang awalanya janjian pagi tapi dosen bimbingan kalian bisanya siang.

Terus walaupun jadi mahasiswa akhir gak sering kuliah, bukan berarti pengeluarannya jadi sedikit ya, justru makin banyak. Sejauh ini aku sudah ngabisin 3 rim kertas A4 dan 5 kotak cartridge selama buat skripsi. Aku mah mungkin masih mending karena pas konsultasi BAB pembahasan gak di print, aku gak bisa bayangin kalo konsultasi ratusan lembar dan ada revisi dibagian tengah halaman :” jadi kita harus ekstra hati-hati untuk menghindari typo dan jangan lupa nabung buat beli kertas hehehe

Oiya kalo sudah menyangkut masalah ngurusin berkas, jangan pernah pernah terucap, “ah, masih seminggu lagi” atau “si X aja belum ngurusin berkas, nyantai aja”.Walaupun deadline masih seminggu atau dua minggu, sebisa mungkin kita harus cepet ngurusnya. Kita gak bakal pernah tau kapan kendala bakal menghampiri. Jadi sempatkan waktu kalian buat mengurus semua berkas yang kalian perlukan. Buat  daftar-daftarnya biar tau berkas apa yang belum diurus.

Tak lupa satu hal yang pasti kalian rasakan kalo sudah jadi mahasiswa akhir, sidang skripsi. Satu kegiatan ini pasti bakal terjadi dan mungkin buka sekali, tapi dua atau tiga kali sampai kalian dapat rekomendasi untuk mengikuti wisuda. Grogi? Pasti. Walaupun kalian sering presentasi tugas besar di depan kelas, gak ada yang lebih grogi dari presentasi di depan dosen pembimbing dan dosen penguji. Tapi selama skripsi yang kalian buat itu adalah hasil karya kalian, buat apa grogi. Karena biasanya pertanyaan dosen penguji gak jauh dari apa yang kita buat di laporan skripsi. Jadi jangan grogi guys (y)


Terakhir, jangan terlalu stres mikirin harus ngejer lulus cepat. Cepat lambatnya lulus kuliah bukan sebuah hal yang harus dikejar, toh bukan lomba lari juga. Tapi juga bukan suatu hal yang harus dibawa santai. Yang penting usaha maksimal, pantang menyerah buat bimbingan, dan yang paling penting bangga dengan skripsi buatan kita sendiri. Usaha selalu berbanding lurus dengan hasil. Btw, doain semoga berkasku kelar semua demi mengejar 131 :” sukses buat kita semua. Foto wisuda? Masih coming soon hehehehe...

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe