Long Time No See, Singapore (Part 3)

11:13

Singapura Singapore

Setelah acara conference langsung pulang? Engga dong. Karena acara penutupan selesai sebelum sholat Jum'at, akhirnya aku, Ria, dan Amas memutuskan untuk pergi ke Singapore Science Centre dan Snow City (Rute Nanyang Executive Centre - Singapore Science Centre). Dari Nanyang Executive Centre kita jalan kaki ke Hall 8 yang gak jauh dari situ. Kita naik bus 199 Boon Lay menuju Boon Lay Int. Sampai di sana, kita turun dari bus terus pindah ke bus 178 W'Lands menuju After S'Pore Science Ctr. Kurang lebih perjalanannya sekitar 1,10 jam. Gak papa sih karena ntar turunnya langsung di depan Snow City. Kalo kalian mau ke Singapore Science City, stopnya nanti di S'Pore Science Ctr.
Sehari sebelum datang ke sini kita sudah beli tiket masuk Snow City di aplikasi Klook, sekitar Rp130.000. Sebelum masuk ke dalam ruangannya, kita wajib ganti sepatu dan pakai jaket terlebih dahulu. Semua barang wajib disimpan di loker (ada biaya sewa loker juga ya). Handphone juga gak boleh dibawa masuk. Foto-foto di dalem juga gak boleh, katanya ntar bakal mereka foto :" hiks
Kesan masuk ke sini? Lumayan sih. Kita main-main salju, terus main snowtubing, terus difoto-foto sama mas-masnya. Karena ukuran ruangannya gak terlalu luas, jadi kita gak lama-lama disini. Sekitar 45 menit kita udah keluar dari sana.

Dari Snow City, kita jalan lurus menuju Singapore Science Centre. Kita beli paket tiket masuk Science Centre + Omni Theatre + Butterflies Up-Close, sekitar Rp131.000 di aplikasi Klook. Diantara banyak jenis percobaan dan alat peraga yang ada disana, kalian harus coba Mirror Maze dan Omni Theatre. Kita sempet nyasar di Mirror Maze karena gak ketemu pintu keluarnya hahaha sedangkan di Omni Theatre kita bisa nonton film pendek di ruangan observatorium. Oiya, tanyakan dulu ke petugasnya untuk opsi jadwal tayangnya karena mereka ada jadwalya. Jangan sampai ketinggalan ya. Untuk tempat sholat, kita belum ketemu sih Mushola disana. Karena bingung, akhirnya kita nanya ke salah satu encik dan dia ngarahin ke tempat sholat bawah tangga.

Setelah selesai sholat, kita balik lagi ke hotel. Dari Singapore Science Centre kita jalan kaki dulu ke halte Jurong East Lib untuk naik bus 197 Bedok menuju Opp Blk 461. Cuma naik satu bus ini aja kok, nanti tinggal jalan kaki sedikit menuju hotel. Sebelum masuk hotel, kita makan dulu di The Ramen Stall karena temen-temenku yang cowok udah kelaparan banget. Baru deh setelah itu kita ke hotel.

13 April 2019
Hari ini kita semua jalan-jalan dong. Ria gak bisa ikut karena gak enak badan, jadi kita jalan cuma berempat. Itenary kita dimulai dari Merlion -> Helix Bridge -> Vivo City -> Mustofa Centre -> Hotel.

Marina Bay Sands Singapura Singapore

Dari hotel kita jalan kaki sedikit menuju halte Sultan Plaza untuk naik bus 107 Shenton Way menuju Opp S'pore Cricket Club. Awalnya. Entah kenapa waktu itu busnya engga stop di Opp S'pore Cricket Club, alhasil kita stop di OUE Bayfront. Kita jalan (lumayan) jauh ke arah patung Merlion dan waktu sampai ternyata patungnya lagi dalam perbaikan T_T jadi kita foto-foto bentar aja disekitaran situ terus jalan kaki ke Helix Bridge.

Berhubung sudah jam makan siang, akhirnya kita langsung cus ke Vivo City. Awalnya sih mau nyari makanan sekitar Merlion. Tapi nanggung banget dan harganya itu loh yang bikin jiwa misqueen bergetar :"" Dari Helix Bridge kita jalan kaki (sekitar 10 menit) menuju halte One Raffles Link/Nicoll Highway untuk naik bus 57 Bt Merah menuju Vivo City. Dari halte Vivo City ntar ikutin jalan masuk ke dalam mallnya. Karena bingung mau masuk di resto mana, akhirnya kita memutuskan untuk makan di Encik Tan. Kita samaan pesan Chicken Cutlet Set (4,30 SGD) dan gak nyangka banget porsinya gede, ayamnya banyak, rasanya enak banget, dan yang paling penting adalah harganya gak bikin kantong jebol :" terharu bisa nemu makanan kayak gini. Setelah makan kita sepakat buat pisah 1 jam buat keliling Vivo City dan ketemuan lagi di dekat MRT HarbourFront.

Dari Vivo City, kita jalan ke MRT HarbourFront line ungu yang North East Line Punggol dan berhenti di Farrer Park. Dari Farrer Park kita jalan kaki sekitar 6 menit menuju Mustofa Centre. Hari ini baru deh kita beli oleh-oleh lebih banyak karena ini hari terakhir di Singapura. Setelah puas berbelanja, kita balik lagi ke hotel.

14 Maret 2019
Waktunya untuk balik ke Jakarta :" kita tiba di Jakarta sekitar pukul 12.00 WIB dan langsung balik ke realita dong, masih bau-bau Singapura langsung otw ke Upnormal buat ngerjain tugas kuliah :)