At Least Once In My Lifetime : VLIVE Heartbeat in Jakarta

21:55


Monsta X in VLive Heartbeat Jakarta

Pengalaman apa yang harus kalian coba setidaknya sekali dalam seumur hidup kalian? Dari beberapa list yang pernah aku buat, nonton konser adalah salah satu pengalaman yang harus aku rasain setidaknya sekali dalam seumur hidup. Pertama kali di 24 tahun ini, aku dikasih kesempatan untuk merasakan pengalaman nonton konser, yaitu VLIVE Heartbeat in Jakarta.

Mungkin banyak yang gak tahu VLIVE itu apa. Jadi VLIVE ini salah satu live broadcasting app yang terkenal di kalangan kpopers. Jadi kita bisa nonton video langsung penyanyi/artis favorit kita di aplikasi ini. Dulu sebelum aku masuk dunia per-kpop-an sih juga gak tahu aplikasi ini, cuma karena teman-temanku yang suka BTS waktu itu suka bilang, “iya kemarin si mpi (V) lagi vlive” “yah, telat nontonin rapmon (sekarang RM) live”, ya aku jadi penasaran dong buat download ini. Karena dulu gak masuk fandom manapun, aplikasi ini pernah aku uninstall sih hehehe terus aku download lagi setelah aku ngestan Nu’est. Nah, untuk merayakan kehadiran VLIVE Indonesia, dibuatlah acara ini.

Jadi sekitar akhir bulan Juli 2019, temenku tiba-tiba ngirim link tweet acara VLIVE Heartbeat di WA. Karena salah satu line up itu ada idol favoritnya, Monsta X, jadi dia pengen banget nonton konser ini. Awalnya kita kira bakalan bayar tiket, ternyata tiketnya diundi untuk 2500 orang yang beli Fanship dan VLIVE+. Aku awalnya gak minat buat ikutan karena diundi (i’m not lucky person soalnya), tapi apa salahnya sih buat coba. VLIVE+ dan fanshipnya juga berfaedah hehehe bisa ditonton berkali-kali. Karena aku gak ngejer hi-touch, pure cuma mau nonton doang, jadi aku cuma beli dikit aja.

Terus selang 4-5 hari dari aku ngisi form konfirmasi, VLIVE Indonesia ngasih informasi kalau kuota penonton ditambah 1000 orang yang pasti dapat tiket asal mengirim form konfirmasi sebelum dari waktu deadline. Terus aku dan temenku jadi bertanya-tanya, “Loh, yang 1000 orang pasti dapat kok yang daftar lebih awal diundi?”, Untuk menghilangkan rasa penasaran kami, akhirnya aku coba buka QnA untuk penambahan kuota. Ada salah satu QnA yang bikin tangan aku gemeteran. UNTUK 2500 ORANG PERTAMA DIPASTIKAN DAPAT TIKET asal data yang diisi valid. Jadi otomatis aku dan temenku bakal nonton konser dong. Tiket konser bakal dikirim email masing-masing pada tanggal 23 Agustus 2019.

D-DAY! 31 Agustus 2019
Penukaran tiket sudah bisa dilakukan pukul 08.00 WIB, pukul segitu aku masih di bandara nunggui temenku mendarat dengan selamat di Jakarta. Setelah mendarat, kita langsung otw makan siang dulu di fx Sudirman karena banyak yang bilang antriannya super. Yaudalah, daripada langsung otw ke sana takutnya gak sempat makan lagi, jadi kami lebih milih makan dulu. Setidaknya ngantri nanti gak bakal kelaparan.

Setelah makan kita langsung ke tempat penukaran tiket dan memang bener antriannya super panjang sampai ke tempat parkir lapangan baseball sebelah. Mungkin sekitar 40-60 menit kita baru dapat tiketnya. Temenku otomatis dapat section blue (standing) dong karena dia beli package begitu. Aku gak berharap banyak sih, dapet section orange (seating menghadap panggung tapi row paling belakang) saja sudah senang banget. Waktu giliran aku yang tukar tiket, kakak-kakaknya ngasih aku gelang warna BIRU juga AKA SECTION BLUE. Loh aku sempat diam sejenak ngeliatin gelang itu. Terus buru-buru menyusul temenku dan bilang, “Beb, jangan kaget ya. Aku dapet section blue juga,” otomatis kita sama-sama ketawa dong soalnya effort aku dikit tapi satu section sama dia hahahaha. Untungnya kita satu section jadi bisa barengan masuk venuenya.

Kita masuk venue agak terakhiran, karena keenakan rebahan di tempat teduh. Kirain bakalan dapet bagian belakang sekali, ternyata kita dapat bagian depan dong walaupun jauh dari panggungnya. Kita tim jompo gak kuat ikut ombak mending ngujung aja hehehe.
Konser dimulai pukul 15.40 WIB dan panggung pertama diisi oleh RAN!!! Salah satu penyanyi favoritku dari SMP. Aku sudah antisipasi kalo mereka bakal perform lagu Dekat di Hati karena itu lagu favorit aku dari dulu sampai sekarang. Yaaa gini-gini aku LDR juga sama jodoh, buktinya sampai sekarang belum pernah ketemu-ketemu. LOL. Lagu pertama yang mereka nyanyiin adalah Kulakukan Semua Untukmu. 

Terus band lanjut ke lagu lain yang nada familir banget ditelinga aku, iya, DEKAT DI HATII WOIII. Rayi dan Nino ngajak penonton buat nyanyi bareng mereka. Auto nyanyi dong se-venue. Suaraku cempreng banget karena teriak-teriak, tapi bodo amatlah yang penting ikut nyanyi, apalagi lagu favorit :”””. Biasa dengerin lagu ini lewat spotify, ini aku dengerin secara live, jadi momen ini harus ditangkap sebaik mungkin dari mata sampai ke hatilah pokoknya.

Setelah itu konser dilanjutkan oleh Sheryl Sheinafia. Semenjak streaming lagu kpop aku sekarang jarang dengerin lagu baru Indonesia. Jadi aku lebih ke menyimak lagunya aja. Aku beneran enjoy dengerinnya, terlebih lagi Sheryl perform sangat energik di atas panggung. Suara live-nya itu loh aku takjub banget (maklum ini pengalaman nonton konser pertamaku). Kayaknya aku harus nambahin lagunya di list spotify-ku.
(OIYA, update hari ini adalah ternyata aku pernah dengerin lagunya di radio mobil, yang judulnya Ku Tunggu Kau Putus)


Panggung kembali redup dan kemudian keluarlah Vidi Aldiano. Aku sudah ngefans sama Vidi dari era Nuansa Bening. Di konser ini, Vidi membawakan 4 lagu, yaitu Lagu Kita, Nuansa Bening, Aku Cinta Dia, dan I Don’t Mind feat Sheryl Sheinafia. Mungkin dari semua line-up yang tampil, Cuma Vidi deh yang tiap kamera zoom out ke wajahnya, aku auto bilang, “ganteng banget” “astaga ganteng” “woi kamera jangan zoom out terus, gantengnya gelut”. Tiap aku bilang begitu temenku langsung ketawa atau geleng-geleng kepala. Yaa sesekali dia kaget juga liat wajah Vidi senyum manis begitu di screen.

Setelah Vidi perform, panggung kembali redup. Dari samar-samar terlihat 5 perempuan di atas panggung. Awalnya aku kira Mamamoo, tapi bingung juga sih kok berlima ya, padahal yang tiba di Jakarta hanya 3 member. Setelah lampu sorot hidup, ternyata yang tampil selanjutnya adalah Bich Phuong. Bich Phuong ini salah satu penyanyi yang berasal dari Vietnam. First impression ke Bich Phuong -> “CANTIK BANGET BANGET BANGET”. Ditambah baju merah shimmering, makeup cetar flawless, sudah gak ngerti lagi aku. Selama penampilannya, penonton Indonesia dadakan buat fanchant, taulah ya fanchant andalan yang tak lain dan tak bukan “eeeeaaaa eeeeaaa”. Jujur lagunya enak banget didenger, apalagi dengerinnya pas lagi suntuk belajar.


Next, Afgan! Dengan sisa-sisa suaraku yang tidak seberapa dibanding suaranya Afgan, aku tetap ikutan nyanyi bareng penonton lainnya. Afgan membawakan 4 lagu yaitu, Jalan Terus, Katakan Tidak, Lenggang Puspita, dan Dia Dia Dia. Disela-sela perform Dia Dia Dia, Afgan nge-dance bareng back dancernya. Selama ini kita kenal Afgan dengan lagu balladnya, kali ini Afgan membawakan lagu Dia Dia Dia dengan dance yang ceria seakan-akan mewakili lirik lagunya. Selain itu, lagu Afgan kalo didenger live band keren banget. Ada satu momen yang aku inget, yaitu waktu ment Afgan. Dia tanya mana fans Monsta X, semua Monbebe teriak. Terus mana fans Mamamoo, semua MooMoos teriak. Terus dia tanya, disini ada Afganisme gak? SATU VENUE TERIAK.  




Tersisa dua line-up lagi, yaitu Mamamoo dan Monsta X. Tebakanku bener, selanjutnya adalah perform dari Mamamoo. Karena Wheein lagi sakit, jadi hanya 3 member yang tampil hari ini. Penampilan diawali dengan Gogobebe. Panggung langsung panas dong, MooMoo semangat banget ngefancant, yang gak hapal fanchart (termasuk aku) ikut nyanyi sama teriak karena memang lagunya booming banget. Terus dilanjutkan dengan Egotistic, Starry Night, dan Decalcomanie. Yang biasanya aku tonton di music show, kini mereka ada di depan mataku. Gak diragukan lagi live perform mereka, suara mereka jernih banget tahu gak sih. Mba Solar CANTIK POLLL, Hwasa biasku seperti biasa swag banget, dan rap Moonbyul bikin aku gak bisa move on dari penampilan mereka.


Penampilan terakhir dari konser ini, yang sudah dinanti-nantikan oleh Monbebe, yak MONSTA X. Aku sempat tanya sama temenku ini kunjungan Monsta X yang keberapa kali. Katanya ini kunjungan pertama mereka di Indonesia. Pantesan Monbebe excited banget waktu tahu VLIVE ngajak Monsta X ke Indonesia.

Tirai putih langsung diturunin dari atas panggung, pertanda Monsta X mulai perform. Teriakan Monbebe langsung memenuhi venue untuk menyambut penampilan Monsta X. Lagu pertama yang dibawakan adalah Alligator, lagu terbaru mereka di album We Are Here. Panggung kembali panas yorobun. Fyi, Kihyun gak ikut ngedance karena kakinya masih cedera. Tapi saat menyanyikan lagu Rodeo dia ikut jalan mendekat ke fans. Ada 4 lagu yang mereka tampilkan, yaitu Alligator, Play It Cool, Shoot Out, dan Rodeo. Karena temenku muterin lagu Monsta X terus selama masa comeback, jadi aku ikutan hapal lagunya....dan beberapa fanchantnya. Begitupun kalo Nu’est comeback, temenku jadi hapal lagu dan beberapa fanchantnya hehehhe.

Konser ditutup dengan foto bersama. Sekitar pukul 17.30 WIB konser berakhir dan aku langsung pulang ke kosan. Temenku langsung cus ke bandara karena malam itu juga dia berangkat ke Taiwan buat mulai perkuliahan Double Degreenya.

VLIVE Heartbeat In Jakarta

Salah satu momen yang bakal aku simpan. Momen terbaik dari beberapa yang terbaik selama 24 tahun ini. Aku bersyukur bisa dikasih kesempatan langka seperti ini, karena aku gak yakin setelah ini bakal ada waktu lagi. Dikasih pengalaman nonton konser bareng temenku di satu section yang sama, pengalaman dengerin lagu favorit secara live, pengalaman ngantri tiket sampai 40 menit lebih, pengalaman menyenangkan loncat-loncat dan teriak buat ngeluarin stress, dan masih banyak lagi pengalaman yang aku dapat pada malam itu.

Menurut kalian pengalaman apa yang setidaknya harus kalian rasakan sekali dalam seumur hidup? Boleh sharing ya di kolom komentar.

You Might Also Like

2 comment

  1. semoga berikutnya kita bisa bersua lagi, dan sama-sama membahas serunya menulis pengalaman menjadi bagian keramaian bermusik yang pada umumnya dicap 'alay' ini.
    omong-omong, pendaftaran yang pertama kali dibuka itu 3.000 tiket, bukan 2.500. hehe.
    alhamdulillah rejekimu menjadi bagian yang beruntung ya. temenku ada yang sudha beli fanship namun tak dapat tiket.
    memang yang seperti ini benar-benar untung-untungan.
    alhamdulillah kita masih dapat pengalaman baik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin~ semoga kita dikasih kesempatan buat nonton konser lagi.
      Wah iya ya? nanti aku edit deh di postnya.
      Bener banget untung-untungan, aku gak nyangka banyak juga yang gak kebagian tiketnya. Udah rejekiku dan temenku berarti, karena hari itu juga hari perpisahan aku dan temenku yang mau ngelanjutin studi selama 1 tahun.

      Hapus

Leave your comment

Subscribe