Pengalaman Custom Skincare di base.co.id (Plus Unboxing)

20:47

Semenjak #StayAtHome, jujur, wajahku agak sedikit membandel. Iya, membandel. T-Zone jadi kering sampai kulitnya terkelupas, jerawat semakin menjadi, dan kadang terlihat kusam di area dagu dan pipi. Awalnya aku mau coba-coba (lagi) beli skincare rekomendasi orang-orang di twitter dan youtube. Rekomendasinya bermacam-macam sih, mulai dari skincare yang ada di drugstore sampai skincare highend. Skincare high end otomatis ku coret karena aku gak mampu buat beli full size (hehehe) selain itu juga high end belum tentu cocok di kulitku. Terus ku pilah-pilah lagi skincare yang biasanya ada di drugstore hingga terpilihlah dua produk. Waktu itu produknya dijual online juga, sudah hampir proses check out tapi karena aku ragu gak bakalan ngefek di wajah, akhirnya gak jadi di check out. 

Ngomong-ngomong tentang jenis kulit, kulit wajahku termasuk kulit kombinasi. Jadi di area T-Zone biasanya berminyak dan di area pipi dan dagu terasa kering. Bukan hanya kulit kombinasi, kulitku bertambah lagi cobaannya karena cukup sensitif untuk beberapa produk yang mengandung alkohol dan parfum. Biasanya kulitku bakal memerah dan kadang sampai kulitnya terkelupas karena terlalu kering. Sejak saat itu aku mulai cari produk yang unscented dan free alcohol. Ah, satu lagi cobaan kulitku yang sampai sekarang belum bisa disembuhkan, JERAWAT! Dari dulu gak pernah berjerawat tapi semenjak pulang dari exchange jerawatku banyak sekali yang tumbuh. Hiks. Lima tahun dalam dunia per-skincare-an ini kuhabiskan untuk mencari produk yang cocok. 

Awalnya aku pasrah aja dan mau mempertahankan skincare yang sekarang karena memang belum habis. Tapi balik lagi ke permasalahan awal bahwa kulit area T-Zone ku super kering sampai kulitnya terkelupas dan jerawatku panen besar. Akhirnya aku coba custom skincare di base.co.id. Base Skincare ini produk skincare lokal Indonesia yang dibuat berdasarkan jenis kulit kita. Secara garis besar sebelum membeli kita akan diberi sejumlah pertanyaan seputar kondisi kulit saat ini dan kebiasaan kita. Setelah mengisi pertanyaan tersebut Base Skincare akan memberi rekomendasi kandungan yang cocok untuk kulit kita dan produk skincare yang sudah di personalisasi.

Pengalaman custom skincare di base.co.id
Pengalaman custom skincare di base.co.id

Kalian bisa memulai tes terlebih dahulu dengan mengeklik "Start Skin Test".  Setelah itu nanti kita akan diarahkan ke pertanyaan-pertanyaan dasar, seperti nama, keadaan kulit saat ini, dan gaya hidup kita saat ini. Setelah semua pertanyaan telah dijawab, selanjutnya kita akan menerima hasilnya. Salah satu hasilnya seperti gambar di bawah ini. Ini merupakan bahan-bahan yang cocok dengan kulitku berdasarkan hasil jawabannya. Setelah itu, pilih produk yang disarankan oleh Base. Waktu itu aku dikasih 3 pilihan: Rise and Shine Kit, Power Punch Kit, dan Limited Edition Ultra Soothe Moisture Cream.
Pengalaman Custom Skincare di base.co.id

Rise and Shine Kit - IDR350.000
Diantara tiga pilihan, pilihan ini yang full set, yaitu terdiri dari face wash, toner, dan cream. Selain tiga produk tersebut, kita dapat bonus pouch Rise and Shine yang desainnya hasil kolaborasi dengan @_phantasien.  

Power Punch Kit - IDR280.000
Kit ini terdiri dari toner dan cream, tanpa face wash. Walaupun tanpa face wash, kita masih mendapatkan bonus pouch Power Punch hasil kolaborasi dengan @liunic. 

Limited Edition Ultra Soothe Moisture Cream - IDR160.000
Bila pilihan lain mendapatkan bonus pouch, untuk yang satu ini kita hanya diberi satu produk, yaitu moisture cream.

Setiap produk baik itu face wash, toner, maupun cream terdapat informasi mengenai formula yang mereka gunakan. Jadi menurutku kalian bisa secara jelas mengetahui formula di dalam produk. Setelah itu kalian bisa memilih produk apa yang akan kalian beli. Karena aku gak mau setengah-setengah, akhirnya aku beli Rise and Shine Kit. Selanjutnya kita akan diarahkan ke keranjang dan melakukan checkout. Di menu checkout kita dapat memilih jenis pembayaran dan alamat pengiriman. Untuk jenis pembayaran cukup bervariasi sih, waktu itu aku melakukan pembayaran melalui gopay karena lagi cashback 40% (lumayan dapat potongan IDR20.000).

Setelah melakukan pembayaran, kita dapat melihat status pesanan di menu  "Your Order". Sekitar 3-4 hari kita baru mendapatkan nomor resi, mungkin karena masih PSBB dan produknya custom juga ya jadinya agak lama. Pengecekan paket bisa di cek dari website Base ataupun website kurir. Sekitar 3 hari akhirnya paketku sampai di rumah. 

Pengalaman custom skincare di base.co.id
Pengalaman Custom Skincare di base.co.id

WOW!!! Harus kuakui packagingnya super terniat. Di dalam kotak ini selain berisi kit yang kita beli, kita dapat stiker dan kartu ucapan thank you yang bagian belakangnya berisi bahan-bahan yang ada di dalam produk. Daya tampung pouchnya cukup besar, jadi kita bisa memasukkan makeup dan beberapa perawatan wajah lainnya. 

Sejauh ini plus minus yang aku rasakan saat melakukan custom skincare adalah:
(+) Sebelum melakukan pembelian kita menjawab pertanyaan seputar kulit kita. Dengan kata lain, produk ini akan menyesuaikan kandungan yang cocok dengan jenis kulit dan keperluan kulit wajah kita.
(+) Informasi yang diberikan jelas, baik itu penjelasan mengenai hasil jawaban, mengenai kandungan yang ada di dalam produk, FAQ-nya. Websitenya simpel namun menjawab semua keraguanku di awal pembelian
(+) Alur pembeliannya simpel, tidak jauh berbeda dengan e-commerce yang lain. Untuk pilihan pembayaran cukup bervariasi. Kalau aku pribadi lebih enak pakai Gopay sih karena pembayarannya otomatis terverifikasi.
(+) Packaging rapi. Kardusnya tebal. Terharu sekali karena sampai dengan selamat (tau sendiri kan bentuk paket kita tiap sampai keadaannya seperti apa)

(-) Karena belum ada appsnya, jadi kita harus bolak balik login di websitenya. 
(-) Pembelian saat ini masih full set, belum dijual satuan. Sebelumnya hanya ada dua pilihan sih. Tapi baru-baru ini ada cream saja, lalu hari selanjutnya ada cleanser saja. Mudah-mudahan bakal dijual satuan huu sedih banget misalnya cuma tonernya saja yang habis tapi aku harus beli satu set gitu :" 

Nilai : 8,9/10

Overall Base Skincare sudah hebat sekali membuatku berpaling dari skincare lamaku hehehe aku juga mendapatkan pengalaman yang unik dalam pembelian skincare, aku juga cukup pede untuk melakukan pembelian karena kandungan bahannya disesuaikan dengan keadaan kulit wajah saat ini. Pokoknya pengen sungkeman dulu sama Tim Marketingnya hehehe. Saat ini aku lagi di tahap pemakaian skincare. Apakah memang sesuai dengan kulitku? Nantikan ulasannya di post berikutnya ya :)


You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe