Seminar Smart Entrepreneurship

05:45

Kemarin(26/06), sebanyak 5.000 peserta didik SMA/SMK se-Sumatera Selatan telah mengikuti Seminar Smart Entrepreneurship di Sriwijaya Promotion Center mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Disini juga hadir Mr. James Gwee dan Ibu Sesilia Peranginangin. Mr. James Gwee adalah bapak trainer dan motivator bisnis Internasional dan Ibu Sesilia Peranginangin adalah founder CARE for the Nation. Seminar ini diadakan untuk persiapan para peserta didik yang akan mengikuti “Smart Entrepreneurship Competition”. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan wirausaha sejak dini dikalangan pelajar.

Jadi ceritanya saya dan kawan-kawan sudah ada di SPC pukul 07.30 WIB. Setelah sudah terkumpul lumayan banyak, akhirnya kami masuk ke ruangan sekalian mengisi tempat yang paling depan supaya bisa kedengaran jelas dengan apa yang dijelaskan nanti. Sekitar pukul 08.00 WIB lebih akhirnya acara dibuka juga dengan kata sambutan dari Pak Walikota, Ir. H. Eddy Santana Putra MT. Setelah itu baru deh mulai seminar dari Mr. James Gwee. Sebelum dia dateng ke panggung, jadi ceritanya ada video-video yang diambil pas dia lagi jadi trainer di seluruh dunia. Dan memang bener, dia jadi trainer motivator yang terkenal di seluruh dunia *nyesel baru tahu sekarang-_-*. Dia juga pernah mendapatkan rekor muri sebagai trainer yang melakukan seminar lebih dari 1000(kalo gak salah) selama satu tahun :o terbelalak aja ngeliatnya, super sekali.

Oiya disini saya mau ngeshare sekaligus berbagi ilmu dari hasil seminar kemarin. Lumayan buat penambah semangat dalam belajar. Jadi Mr. James Gwee mengatakan ada 5 hal penting yang harus kita lakukan

Full Tilt (Habis-habisan)
Full tilt ini maksudnya adalah dalam melakukan suatu hal, baiknya kita melakukan itu dengan sepenuh hati/ habis-habisan. Lakukan suatu hal dengan seluruh kemampuan yang kita punya untuk mencapai kesuksesan. Jangan melakukan hal-hal dengan setengah hati karena hasil yang didapat juga setengah-setengah.

Pola
Di bagian ini, kita dikasih kuis kayak psikotes yang berhubungan dengan pola angka kayak bilangan fibonaci. Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil dari kuis ini adalah kita harus mengetahui pola usaha yang akan kita lakukan, siapa konsumen kita, berapa modal kita, sesuaikan dengan harga pasaran, dan berapa pesaing kita. Bila kita mengetahui pola dalam berwirausaha maka kita dapat memprediksi tindakan apa yang akan kita lakukan. Biasanya bila kita mengetahui pola, maka prediksi kita selalu tepat. Dan bila prediksi kita tepat maka kita akan meraih kesuksesan 

Have The Champion Mindset
Disini kita harus menanamkan di pikiran kita bahwa semua manusia yang ada di bumi adalah sang juara. Karena hanya satu sperma yang berhasil menembus ovum dari jutaan sperma yang datang menuju ovum, itulah kita, sang juara. Maka dari itu mulailah bersugesti bahwa kita adalah sang juara dan memiliki pemikiran orang-orang yang berhasil.

What you see is what you’ll get
Apa yang kau lihat, itulah yang kau dapatkan. Disini kami diajak bermain game. Dari bulan Juni 2012 hingga Juni 2015 kita menginginkan tabungan kita berapa kali lipat. Ada yang menulis 3x lipat, 15x lipat, bahkan ada yang menuliskan 100x lipat. Mr. James Gwee member applause kepada orang yang telah menulis angka-angka tersebut walaupun sedikit. Dia malah tidak member applause kepada orang yang menulis tidak terhingga. Karena menurutnya orang yang menulis tidak terhingga tidak memiliki pencapaian. Dalam suatu hal kita harus memiliki target/ pencapaian. Lalu, ia berkata bahwa orang yang menulis dibawah 10x lipat adalah orang yang biasa-biasa saja (dan termasuk aku -_-) dan orang yang menulis >10x lipat merupakan orang yang berkeinginan kuat untuk maju. Jadi kita sambungkan lagi di point nomor 1, bila kita berkeinginan kuat maka kita akan melakukannya secara bersungguh-sungguh atau full tilt.

Have the right skills!
Semua ini berjalan dengan baik bila kita memiliki keahlian tersebut. Bila kita ingin menjadi sukses maka kita harus menguasai bidang itu, dengan sungguh-sungguh.
Maka dari itu, untuk mencapai kesuksesan, kita harus melakukan 5 hal ini. Karena 5 hal ini memiliki kaitan yang sangat kuat. Semoga kita bisa menjadi orang yang sukses J amin.

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe