My (Kejepit) Holiday : Hello Yogyakarta

21:25



Yogyakarta? Dari dulu gak habis pikir bisa kesampaian liburan di kota yang terkenal dengan makanan gudegnya. Kebetulan ayah sedang mengambil cuti, dengan modal rekomendasi-rekomendasi dari orang-orang di blog akhirnya aku, ayah, dan ibu liburan ke Jogja.


Kamis, 4 Februari 2016
Kita berangkat pukul 09.15 dari Palembang dan sampai ke Jogjakarta sekitar pukul 10.40 WIB. Kesan pertama kali saat menginjakkan kaki di Jogja... Jogja rasa Palembang, sama panasnya hehehe kita jalan ke arah agak keluar dari bandara buat nunggu Pak Madi. Agak risih dikit banyak bapak-bapak yang ngerokok di halaman, untung Pak Madi cepet jemput kami. Destinasi pertama kami adalah Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko karena katanya gak jauh dari bandara. Wahhhh, ini pertama kalinya aku ngeliat candi, cukup exited karena selama ini cuma bisa ngeliat di RPUL atau di buku IPS waktu SMP. Cuacanya lumayan panas terik seperti di Palembang, tapi itu gak membuatku langsung batal keliling-keliling candi. Setelah capek naik turun candi, kami mencoba makan siang di Abhayagiri Restaurant yang gak jauh dari sana. Agak sedih juga gak bisa makan di outdoor gara-gara cuacanya panas banget dan mayan agak nelen lidah ngeliat harga makanannya.


            Setelah kenyang makan siang, akhirnya kita check-in dulu di hotel, kebetulan hotelnya dekat sekali dengan Jalan Malioboro jadi tinggal jalan kaki aja, gak perlu naik becak lagi. Istirahat sebentar terus cusss pergi lagi. Awalnya mau pergi ke pantai buat ngeliat sunset tapi apadaya kita keladasan tidur dan akhirnya kita pergi ke toko yang jual-jual perak gitu. Awalnya takjub ngeliat ukiran yang terbuat dari perak, tapi waktu aku ngeliat harganya....asli speechless banget, lebih mahal dari emas .___. Akhirnya Cuma bisa lihat-lihat saja terus balik lagi ke hotel. Sekitar pukul 19.00 kita keluar mau nyoba jalan-jalan di Malioboro. Ternyata jalannya panjaaaaaanggg banget dan akhirnya kita memutuskan untuk pulang naek becak. Nah, disini nih serunya karena becak yang kita naikin ini pake motor jadi hembusan angin malamnya lebih berasa. Kita stop bentar ke Bakpia 25 buat beli cemilan di hotel terus cusss jalan lagi sambil dengerin mamang becak cerita tempat-tempat orang biasa beli oleh-oleh. Perjalanan hari pertama berakhir di pukul 21.30 WIB.

Candi Ratu Boko Yogyakarta
Candi Ratu Boko

Candi Prambanan Yogyakarta
Candi Prambanan


Jum’at, 5 Februari 2016
Destinasi kedua kita adalah Candi Borobudur. Tempatnya lebih luas lagi dari Candi Prambanan dan disini bener-bener berasa olahraga di siang hari :” alhamdulillah cuaca hari ini gak terlalu terik jadi gak perlu pake payung buat menghindar dari sinar matahari. Pemandangan dari atas Borobudur bener-bener keren banget, sayang gak ada camera action #eaa #pasrah #modus. Ibu yang biasanya kalo capek dikit langsung males naek akhirnya sampai juga ke puncak Candi dan langsung foto-foto di sana karena memang viewnya bener-bener enak dipandang mata, terlebih cuaca lagi gak terik (tapi lumayan gerimis sih). Terus awalnya kita mau ke Gunung Merapi tapi batal gara-gara ujan lumayan deres waktu di tengah perjalanan. Untuk menghilangkan kekecewaan tadi, kami memutuskan makan siang di Boyong Resto di Jalan Turi Pakem KM 3, sekalian juga buat ngisi perut nahan laper. Tempatnya hampir mirip Lebak Gelora kalau di Palembang. Gak mengecewakan dan pas di kantong hehehe
            Lanjuttt, sekitar pukul 15.00 WIB kita keliling UGM, mantan calon univ nih *langsung baper*. Baru tau kalo ternyata tempatnya luas banget dan tempatnya perkomplek-komplek gitu, foto-foto dikit di auditorium terus keliling-keliling dikit ngeliat univnya. Terus lanjut ke Kalimilk, banyak yang rekomen ke sini katanya kalo ke Jogja harus ke sini. Sebenernya di Palembang udah banyak yang kayak gini tapi yang membedakannya adalah rasa susunya itu gak terlalu manis jadi gak merasa berdosa sama perut sendiri. Selain itu juga bisa ngajak ayah sama ibu ikutan minum (karena gak terlalu manis).
            Hari belum gelap dan perjalanan selanjutnya adalah berburu batik. Pak Madi ngerekomendasi di Batik Rumah, katanya batik di sana gak terlalu mahal dan kualitasnya bagus. Belum masuk ke tokonya aja sudah jatuh cinta sama ukiran-ukiran pintu dan jendelanya hehehe begitu masuk ke toko...wahh banyak banget batiknya, kalo aku sih lebih suka beli kain batik, karena nanti bisa di variasi pas jahitnya nanti. Di sana juga ada kain batik canting gitu, warnanya lembut banget pengen beli tapi apadaya uang gak cukup. Next time mungkin bisa kali ya belinya, nabung dulu dari sekarang hehehe...


Stupa di Puncak Candi Borobudur
Stupa di Puncak Candi Borobudur



Sabtu, 6 Februari 2016
            Destinasi terakhir kali ini kami pilih untuk pergi ke Pantai Indrayanti. Namun sebelumnya kita keliling sedikit di sekitaran Keraton sambil beli oleh-oleh buat di Palembang. Perjalanan menuju Pantai rupanya lumayan panjang, sekitar 2,5 jam kurang lebih kayak PP Palembang-Indralaya. Tapi semua terbayarkan waktu sampai ke Pantai. For the first time in my life, akhirnya pergi ke pantai jugaaaa~. Exited tapi lumayan takut juga ngeliat airnya lagi pasang, sampai-sampai gak berani terlalu dekat dengan pantai. Kita gak bisa lama-lama di sini karena lagi hujan deras dan juga ngitung waktu yang dibutuhkan untuk pulang nantinya.
            Sekitar pukul 16.00 WIB kita sampai di kota dan sempet juga mampir ke rumah temen ayah. Setelah itu kita nyobain es di Tempo Gelato di Jalan Prawirotaman. Lagi rame-ramenya dan kebetulan kita kebagian tempat duduk. Awalnya cuma aku yang beli es krim, tapi pas nyicip ternyata esnya enak akhirnya ayah dan ibu mesen juga. Menurutku, es di sini terbilang murah meriah mengingat es gelato di Palembang lumayan mahal. Yang ukuran cone gede dan bisa milih 2 rasa dihargai 25k, murah kan? Rasanya pengen mindahin Tempo Gelato di depan rumah aja deh :””
            Malamnya kita packing lagi buat persiapan pulang ke Palembang. Ibu juga masih sempetnya beli makanan di depan hotel. Ibu cerita kalo makanan kaki lima disekitaran Malioboro cukup mahal. Awalnya ibu nanya nasi ayam harganya berapa. Terus mbak-mbaknya bilang harganya 27k. Terus si mbak-mbaknya nanya lagi mau pake lalapan gak. Terus ibu bilang iya. Eh pas bayar kata mbaknya jadi 33k, ibu langsung kaget terus nanya kenapa bisa 33k padahal awalnya bilang 27k. Terus mbaknya ngejelasin kalo lalapan bayar juga 6k. Wahahaha harus nanya bener-bener lain kali deh, untung pas dicicip enak malah nagih pengen beli lagi(?)
            Habis makan malem kita langsung istirahat biar bisa bangun pagi karena kita balik pagi-pagi.

Pantai Indrayanti
Di Pantai Indrayanti

Minggu, 7 Februari 2016
            Kita sudah otw bandara dari jam 7 pagi dan alhamdulillah bebas macet dan kita sampai di Palembang pukul 11.00 WIB dengan selamat + bawa oleh-oleh #IniPenting

            Well, walaupun liburannya singkat dan gak sepenuhnya bisa explore jogja tapi liburan ini  bener-bener bisa melepas kejenuhan. Memang sih di Jogja gak nyicip gudeg karena emang gak suka makanan yang terlalu manis, tapi Jogja bener-bener bisa bikin ngangenin ya. Semoga di lain waktu bisa dateng lagi ke sini, bisa lebih explore Jogja, bisa nyobain gudeg, nasi rames, nasi pecel, dan kuliner khas Jogja, kalo bisa backpacker biar berasa petualangnya, bisa bareng keluarga bisa juga pergi bareng jodoh(?). Aaamiin~


Thanks Jogja!

You Might Also Like

2 comment

  1. auuu kalo main ke jogja lain kali bisa kabar"in akuuu lhooo, insyaallah bisa nemenin kalo lg ngga hectic :3

    BalasHapus
  2. Iya titan, waktu itu mau ngontak anak jubel tapi kayaknya lagi di Palembang semua buat sosialisasi jadinya gak bisa meet up :"
    Lain waktu kalo aku ke Jogja sedirian bakal aku kabarin deh ^^ dibantu jadi tour guidenya ya nanti hehehe

    BalasHapus

Leave your comment

Subscribe