'Live On' Episode Terakhir: Happy Ending? (Spoiler Alert)

20:57

'Live On' Episode Terakhir: Happy Ending? (Spoiler Alert) Header


Akhirnya dua hari yang lalu aku bisa menyelesaikan salah satu drama yang ada di dalam
list-ku, yaitu Live On. Sebenarnya drama yang berjumlah 8 episode ini telah menayangkan episode terakhirnya pada hari Selasa, 12 Januari 2021. Pada postinganku sebelumnya, aku sempat mengulas sedikit mengapa drama ini wajib ditonton. Semenjak menginjak kepala dua ini aku mulai jarang bahkan ogah nonton drama sekolahan. Namun, drama ini sukses membuatku penasaran dan mulai penasaran sama drama ini. Hari ini (tepatnya siang tadi) aku baru saja menyelesaikan episode 7 dan 8. Harus kuakui, episode 7 dan 8 SUPER DUPER MEWEK BIKIN NANGIS!!! 

Teka Teki Sedikit Demi Sedikit Terpecahkan

Sedikit demi sedikit teka teki siapa pelaku yang menyebarkan masa lalu Baek Horang akhirnya dapat terpecahkan. Di luar dugaan, ternyata pelaku yang dicari adalah Jung Hui Su, salah satu anggota klub penyiar radio. Awalnya kupikir, "oh dia yang bully Baek Horang waktu SMP". Ternyata dugaanku salah. Jung Hui Su justru sebenarnya tidak ada sangkut paut dalam kejadian bullying Baek Horang. Lantas motif apa yang membuat Jung Hui Su menyebarkan masa lalu Baek Horang?

Usut punya usut, motif yang melandasinya adalah karena sakit hati karena pernah diabaikan oleh Baek Horang. Ia merasa bahwa mereka berdua memiliki posisi yang sama, yaitu sama-sama lemah dan mudah di-bully. Namun, yang paling membuatnya kesal adalah Baek Horang seolah-olah tidak dalam posisi itu. WHAT?! Lee Se Hee (yang memerankan Jung Hui Su) sukses sekali membuat saya (dan mungkin yang sudah menonton drama ini) merasa gondok melihat tingkah Jung Hui Su. 

Drama Korea Live On Episode 7

Bukan hanya menguak masa lalu Baek Horang, Jung Hui Su juga memutar balikkan fakta dengan mengaku sebagai korban bullying dan memfitnah Baek Horang sebagai pelaku bullying. Wah, kacau banget ini. Kejadian ini juga diperparah dengan Baek Horang yang tidak ingin mengakui bahwa dirinyalah yang menjadi korban bullying. Bahkan ia menjauhi sahabat-sahabatnya, termasuk juga Go Eun Taek. Disini aku sedikit kesal dengan Baek Horang. So Hyun, Jae Yi, Yoo Shin, dan Eun Taek butuh kebenaran yang sesungguhnya. Sesakit apapun itu, mereka ingin mengetahuinya. Di sisi lain kita tidak bisa menyalahkan Baek Horang sepenuhnya. Mungkin saja trauma bullying yang ia rasakan sangat dalam hingga ia berperilaku seperti itu.

Pada awalnya ia menganggap menjauh dan "mengakui" bahwa dirinyalah pelaku bullying adalah pilihan yang tepat. Namun, setelah mendengar pesan dari Eun Taek di radio, Baek Horang mulai menyadari bahwa apa yang telah ia lakukan itu salah.

Untukmu yang menyukai 'When My Loneliness Calls To You". Entah apa yang kau mendengarkan siaran ini, tapi ada sesuatu yang harus kukatakan kepadamu. Awalnya, aku merenung karena tidak tahu cara memulainya. Kemudian aku teringat lagu ini. Kau bilang tidak suka saat pertama aku menunjukkannya, lalu kau lebih menyukai lagu itu daripada aku. Aku memikirkan hal lain yang kau sukai. Kau suka udara segar dari atap. Saat seseorang memujimu, kau berlagak tidak peduli, tapi diam-diam merasa sangat senang. Meski kau tidak memberitahuku, aku sudah tahu. Wajahmu menunjukkan hal yang kau suka dan benci. Itu sebabnya saat aku tidak yakin, aku selalu memeriksa ekspresimu dahulu. 
Tapi kenapa aku tidak bisa melakukannya kali ini? Kau selalu memberitahuku segalanya dengan perilaku dan ekspresimu. Mungkin karena aku mendengar yang ingin kudengar. Kau bilang, makin kau menyayangi seseorang, kau makin ingin bersembunyi. Kurasa aku sedikit memahaminya sekarang. Itu sebabnya aku menyesal. Aku menyesal tidak memahamimu dengan baik dan kehilanganmu. Maafkan aku. Aku sungguh minta maaf. 

Drama Korea Live On Episode 7 Baek Horang Jung Dabin

Tangis Baek Horang seketika langsung pecah. Bukan Baek Horang aja sih, aku juga ikutan nangis ㅠㅠ akting Jung Dabin ngena banget di sini. Betul sekali, terkadang justru kita lebih ingin menyembunyikan rasa sakit apa yang kita rasakan dari orang yang kita sayangi alih-alih menceritakannya. Namun, sesakit apapun itu, orang yang kita sayangi ingin kita membagikan rasa sakit itu kepada mereka.

Drama Live On Episode 7 Baek Horang Jung Da Bin
Setelah mendengar pesan tersebut, Baek Horang langsung menemui Go Eun Taek dan menguatkan dirinya dan mengaku bahwa sebenarnya dia menjadi korban bullying sewaktu SMP. Go Eun Taek yang mendengar itu langsung memeluk Baek Horang. Ada sedikit rasa sakit yang Go Eun Taek rasakan namun disisi lain ia merasa lega karena Baek Horang berani untuk speak up mengenai trauma terdalamnya. Keesokan harinya, Baek Horang melakukan siaran langsung melalui radio sekolah dan memberanikan dirinya untuk speak up dan mengatakan bahwa dirinya pernah menjadi korban bullying. Jung Hui Su langsung kebakaran jenggot dong dan saking kesalnya ia langsung mengaku kalo dia telah berbohong selama ini. 

Apa Respon Sahabat-Sahabat Baek Horang?
Mendengar pengakuan dari Baek Horang, Kang Jae Yi (diperankan oleh Yeon Woo eks Momoland) dan Kim Yoo Shin (diperankan oleh Choi Byung Chan Victon) langsung berlari menemui Baek Horang dan memeluknya. Baek Horang meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada Jae Yi dan Yoo Shin karena berkat mereka, Baek Horang dapat mengatakan kejadian sebenarnya. 
Drama Korea Live On Episode 8 Byung Chan Yeo Woo Hwang Minhyun Jung Da Bin
Selain kepada Jae Yi dan Yoo Shin, akhirnya Baek Horang berteman kembali dengan Ji So Hyun (diperankan oleh Yang Hye Ji). Baek Horang juga meminta maaf dan berterima kasih kepada So Hyun karena tidak ikut campur dan tidak mengasihaninya. Jadinya lega kan setelah speak up. Walaupun sebenarnya mungkin menyakitkan tapi yang diinginkan oleh mereka adalah kebenaran.
Drama Korea Live On Jung Da Bin Yang Hye Jin

Happy Ending-kah untuk Horang dan Eun Taek?

Masalah sudah berangsur mereda, akhirnya Horang mengajak Eun Taek buat nge-date. Sama hal nya dengan pasangan lainnya, Horang dan Eun Taek pergi makan, ke toko buku, dan foto berdua. Sederhana tapi sweet sekali. Waktu foto berdua itu ya ampun lucu banget....kayak kanebo anjir hahahaha. Gak kok, cuma awalnya aja agak canggung karena Horang biasa berfoto dengan produk sponsor jadi ia merasa sedikit canggung bila tidak memegang sesuatu saat difoto. Akhirnya Eun Taek mengajak Horang untuk berfoto lagi dan duduk lebih dekat dengannya agar Horang tidak merasa canggung lagi. 

 
Malamnya, ketika dalam perjalanan pulang, Horang dan Eun Taek berhenti sejenak di jembatan dan mengenang bagaimana mereka pertama kali bertemu. Tidak ada yang menyangka bahwa Horang dan Eun Taek yang selalu berselisih paham dapat akrab bahkan saling suka. Horang akhirnya mengatakan bahwa ia juga menyukai Eun Taek dan mengajaknya berpacaran. Horang juga meminta maaf baru mengatakannya sekarang karena ia belum menemukan waktu yang tepat.
BACKHUG!!!!!!!!

Menurutku romance di drama ini menghangatkan. Diantara banyak scene Horang dan Eun Taek, aku paling suka scene surat Eun Taek dibacain di radio dan backhug. Aku nangis sesegukan ㅠㅠ vibe-nya itu 11 12 waktu aku nonton drama Reply 1988 atau When The Camellia Blooms. Kisah cintanya hangat, hangat yang kalo kalian rewatch di scene itu kalian bakal nangis lagi. Ya walaupun ada beberapa scene yang cringe tapi masih standar drakor lah. 

Episode terakhir drama Live On ini sudah sukses membolak-balikkan perasaanku. Sedih terus ketawa terus sedih lagi. Mulai dari kisah So Hyun-Yoo Shin, Jae Yi – Woo Jae hingga kisah Eun Taek dan ibunya. Minhyun dan pemain lain patut diberikan standing applause karena telah sukses membangun chemistry antar pemain. Akting Minhyun Nu’est dan Byung Chan Victon sudah bagus untuk debut drama mereka. Sangat disayangkan beberapa portal berita justru menitikberatkan rating dibandingkan dengan keseluruhan cerita dalam drama. Padahal bila dilihat, rating tersebut dikarenakan adanya penayangan multiplatform sehingga jumlah penonton menyebar diberbagai platform. Mungkin bila hanya ditayangkan di siaran JTBC, ratingnya bisa diatas 3% (2-3% itu rating standar drama yang tayang di tv kabel, kalau lebih berarti dramanya lebih banyak yang nonton). Namun, tidak ada salahnya drama ‘Live On’ ini masuk ke dalam list drama yang wajib kalian tonton. Bagaimana menurut kalian? Yuk share pendapat kalian di kolom komentar :)

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe