Hi, Bye Mama!: Kekuatan Cinta Seorang Ibu

22:17

Hi, Bye Mama Cover Drama

Salah satu drama terbaik di tahun 2020, Hi, Bye Mama! Drama yang dibintangi oleh Kim Tae Hee dan Lee Kyung Hyung ini menceritakan tentang  Cha Yu Ri (diperankan oleh Kim Tae Hee) yang tiba-tiba kembali menjadi hidup setelah 5 tahun gentayangan menjadi hantu. Cha Yu Ri meninggalkan suaminya, Jo Kang Hwa (diperankan oleh Lee Kyung Hyung) dan anak yang baru dilahirkannya, Jo Seo Woo (diperankan oleh Seo Woo Jin). Ekspetasi awalku adalah "oh, mungkin plotnya mereka bakal jatuh cinta lagi terus balik jadi ibu Seo Woo". Tapi TIDAK yorobun. Bukan, ini bukan spoiler hehehe. Setelah aku lanjut ke episode selanjutnya, aku baru menyadari bahwa drama ini lebih menekankan pada cinta seorang ibu kepada anaknya dan memaknai kehidupan. Bukan hanya disisi Cha Yu Ri, drama ini juga menceritakan kehidupan sahabat Cha Yu Ri, Ko Hyung Jung (diperankan oleh Shin Dong Mi), dari sisi keluarga Cha Yu Ri, dari sisi istri Jo Kang Hwa yang baru Oh Min Jung (diperankan oleh Go Bo Gyeol), keluarga Cha Yu Ri, dan teman-teman Cha Yu Ri di rumah duka selama ia menjadi hantu.

"Awalnya aku ingin pergi usai melihatnya berjalan. Aku ingin melihatnya berjalan. Melihat dia berbicara, berlari, dan makan. Aku tahu aku harus pergi. Tapi, aku ingin melihatnya lebih lama. Sedikit lebih lama lagi"

Hi Bye Mama Kim Tae Hee Lee Kyu Hyung

Bukan hanya Cha Yu Ri yang merasakan kehilangan, Jo Kang Hwa pun merasakan hal yang sama. Di awal episode 2, Jo Kang Hwa sempat ingin menitipkan anaknya kepada orang tua Cha Yu Ri. Namun, ditolak mentah-mentah oleh ibu Cha Yu Ri. Awalnya kupikir ibu Cha Yu Ri gak mau ngurus cucunya kan ya, tapi dibalik itu ibu Cha Yu Ri ingin Jo Kang Hwa tetap hidup. Iya, tetap hidup, karena setiap ia menitipkan anaknya ke ibu Cha Yu Ri, setelahnya dia mencoba untuk bunuh diri. Ya Allah, auto nangis aku. Ia merasa terpukul dengan kepergian istrinya dan selalu menyalahkan dirinya sendiri. 

Bukan tanpa alasan, sewaktu istrinya dibawa ke rumah sakit, ia sedang mengoperasi pasiennya  dan waktu itu sempat terjadi keributan dengan rekan dokternya hingga ia mengunci kamar operasi dan mematikan telepon di dalam ruangan itu hingga semua orang tidak ada yang bisa menghubunginya. Nasib malang, rekannya baru bisa menghubungi Jo Kang Hwa setelah ia menyelesaikan operasi dan malangnya karena terlambat, hanya anaknya yang berhasil diselamatkan.
Go Bo Gyeol as Oh Min Jung
Lee Kyu Hyung as Jo Kang Hwa
Kim Tae Hee as Cha Yu Ri

"Kamu harus menemukan tempatmu di dunia dengan begitu kau dapat hidup lebih lama"

Di awal episode kita sudah digambarkan bahwa istri baru Jo Kang Hwa, Oh Min Jung, sangat dingin kepada ibu-ibu dari teman TK Seo Woo, tidak pernah senyum, dan sangat tertutup. Wah, alamat ini bakalan ada alasan buat benci karakternya Oh Min Jung. Belum lagi keesokan harinya Oh Min Jung terlihat sedang mengurus surat perceraian secara diam-diam agar tidak ketahuan Jo Kang Hwa. Sangat mudah buat kita untuk membenci karakter Oh Min Jung di awal episode. Namun sepertinya writer-nim ingin kita mengetahui sifat Oh Min Jung lebih dalam. 


Sifat Oh Min Jung bener-bener di luar ekspetasiku. Selama menjadi istri Jo Kang Hwa, ia sangat berusaha untuk menjadi ibu yang baik untuk Seo Woo dan menjadi istri yang dapat diandalkan Jo Kang Hwa. Namun, selama 5 tahun ini juga ia merasa "posisi"-nya menjadi seorang ibu belum bisa menggantikan Cha Yu Ri sehingga ia menyimpan sifat aslinya dihadapan orang lain. Di drama ini, kita bakal nemuin sifat asli Oh Min Jung yang cukup unik dan bener-bener menghangatkan hati kita. Akupun sampai bingung mau pilih Cha Yu Ri atau Oh Min Jung karena mereka berdua pantas untuk menjadi ibu Seo Woo.

Lee Si Woo as Jang Pil Seung


Salah satu cerita tragis temen gentayangannya Cha Yu Ri, keluarga ter-rempong yang selalu mengikuti anak bungsunya. Awalnya kupikir cerita mereka gak bakal tragis seperti cerita arwah lainnya. Anak bungsunya juga diceritakan kerjaannya cuma keliling kota pake baju training dan makan makanan delivery. Tapi lagi-lagi writer-nim ingin kita membanjiri kamar kita dengan tangisan air mata T_T 

Kisah keluarga Pil Seung (diperankan oleh Lee Si Woo) diceritakan cukup tragis. Keluarganya meninggal karena kecelakaan tepat dihadapannya. Sumpah, yang awalnya aku suka kesel sama keluarga rempong tapi karena ini aku jadi sedikit iba dengan mereka. Selain itu, ternyata sebenarnya Pil Seung bukan pengangguran loh, tapi pilot (ganteng banget!). Lagi-lagi writer-nim gak mau buat kita fokus dengan betapa gantengnya Pil Seung pake seragam. Iya, kita harus tau alasannya kenapa menjadi pilot: "Karena keluargaku yang terkasih sudah tidak ada di dunia ini, aku akan terbang menuju mereka". Auto nangis dong.

Episode 15 Hi Bye Mama
Episode 15 Hi Bye Mama
"Kekuatan do'a seorang ibu"
Kayaknya writer-nim gak mau kita ketawa-ketiwi terus selama episode ya. Bahkan di penghujung episode pun kita disuguhkan fakta bahwa ibu Cha Yu Ri adalah alasan utama mengapa Yu Ri dapat hidup kembali. Selama 5 tahun tanpa henti ibu Cha Yu Ri selalu mendo'akan Yu Ri, bahkan ingin bertemu dengannya walaupun hanya sehari. Memang gak ada yang bisa mengalahkan do'a seorang ibu.

Kim Min Kyung ada Jeon Eun Sook Cha Yu Ri's Mom
Kim Min Kyung ada Jeon Eun Sook Cha Yu Ri's Mom

Selama nonton drama ini, ada dua hal penting yang bisa petik hikmahnya
  • Kekuatan cinta seorang ibu ke anak tidak bisa dikalahkan atau pun digoyahkan dari apapun. Cha Yu Ri memanfaatkan waktu hidupnya selama 49 hari hanya untuk Seo Woo. Bagaimanapun caranya ia ingin Seo Woo tidak bisa melihat arwah lagi. Oh Min Jung yang berusaha keras untuk mendapatkan posisi "ibu Seo Woo" walaupun itu sangat berat rasanya dan ibu Cha Yu Ri yang sangat tegar namun di satu sisi sangat rapuh ketika kehilangan anaknya. Aku salut banget sama semua pemain Hi, Bye Mama! semua cerita yang ingin disampaikan writer-nim kepada penonton semuanya tersampaikan dengan baik melalui akting para pemain. Aku bisa ngerasain hangatnya sebuah kasih sayang ibu dari berbagai perspektif. 
  • Hiduplah tanpa ada penyesalan seperti besok adalah hari akhir. Apapun yang terjadi hari ini, lakukanlah dengan sepenuh hati sehingga tidak ada sebuah penyesalan yang akan dapat di hari esoknya. Semua karakter di dalamnya memiliki sebuah penyesalan di dalam hidupnya. Namun, karena semua telah terjadi, akhirnya mereka hanya bisa menangisi penyesalan. 
Ada yang sudah nonton drama Hi, Bye Mama! sampai tamat? Share pendapat kalian di kolom komentar ya. 

You Might Also Like

0 comment

Leave your comment

Subscribe